Jhon Kobun

Jhon Kobun

 Web Administrator -  Staf Instalasi Farmasi - Dinas Kesehatan Kota Kupang

Website URL: http://ifk.dinkes-kotakupang.web.id   |   Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Karakter Joker di film Joker digambarkan menderita gangguan yang sering membuatnya suka tertawa, meskipun dalam keadaan sedih.

Baru-baru ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menarik obat maag ranitidin dari edaran karena diketahui tercemar N-Nitrosodimethylamine (NDMA). NDMA sendiri dikaitkan dengan risiko kanker.

Obat maag ranitidin ditarik Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) karena terkontaminasi N-Nitrosodimethylamine (NDMA), zat yang dikaitkan dengan risiko kanker.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akhirnya memerintahkan penarikan obat asam lambung mengandung ranitidin.

Kali ini kami hadir dalam sebuah cerita singkat tentang peran petugas di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Kupang dalam mendukung program penanggulanagn gizi buruk di Kota Kupang. 

Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor HK.01.07/MENKES/191/2017 tertanggal 11 April 2017 telah menetapkan Pembentukan Kelompok Kerja Nasional Eliminasi Campak dan Pengendalian Rubella (Congenital Rubella Syndrome)  yang bertugas menyelenggarakan secara menyeluruh kegiatan catch up campaign vaksin MR, introduksi vaksin MR dan tahapan pemeliharaan menuju dan mempertahankan status eliminasi campak.

     Sirkulasi pengelolaan obat tentunya tidak saja langsung bermuara pada pasien tanpa adanya proses. Sebagai sebuah instansi, Instalasi Farmasi Kota Kupang bertanggung jawab dalam proses penerimaan obat sampai pada pendistribusian dan akhirnya dapat dikonsumsi oleh pasien.

Vaksin MR adalah jenis imunisasi yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari dua penyakit sekaligus — campak (Measles) dan campak Jerman (Rubella). Sejatinya, vaksin MR merupakan bagian dari vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella), tapi di Indonesia vaksin Mumps sengaja dipisahkan dari keduanya. Hal ini dilakukan karena penyakit Mumps alias gondongan sudah jarang ditemui di kalangan masyarakat Indonesia.

Sudah sepekan pemerintah menjalankan program nasional imunisasi vaksin measles-rubella (MR). Sebenarnya apa itu virus MR dan seberapa dasyat vaksin ini dapat memusnahkan virus dari penyakit measles (campak) dan rubella (campak jerman)?

Pentingnya Imunisasi MR (Campak Rubella) untuk Anak Belakangan ini, pemerintah sedang menggalakkan pemberian imunisasi MR (campak rubella) pada anak. Sebenarnya, apa itu vaksin MR? Dan kenapa semua anak wajib mendapatkannya?

Halaman 1 dari 2